Pesta Narkoba dan Dugem di Rutan Salemba: ‘Sudah Ada Koordinasi Napi dan Sipir’

Pesta Narkoba dan Dugem di Rutan Salemba: ‘Sudah Ada Koordinasi Napi dan Sipir’

September 13, 2018 0 By admin

Pesta Narkoba dan Dugem di Rutan Salemba: ‘Sudah Ada Koordinasi Napi dan Sipir’

Pesta Narkoba – Potret suram rumah tahanan di Indonesia kembali terkuak. Tempat yang semestinya untuk memperbaiki diri para kriminal itu malah jadi tempat bisnis narkoba, seperti yang terjadi di Rutan Salemba, Jakarta Pusat.

Dalam sebuah video ekslusif Narasi.tv, tampak sejumlah napi bebas memakai narkoba jenis sabu menggunakan alat hisap jenis bong. Orang-orang yang teler itu menggunakan barang haram di sebuah ruangan yang disebut ‘apotek’.

Berdasarkan wawancara Najwa Shihab dengan seorang yang pernah lima kali dipenjara di Rutan Salemba karena kasus narkoba dan kriminal, terungkap jika pesta narkoba sudah jadi hal biasa di Blok C dan S rutan tersebut.

Lihat juga: 0 Negara di Dunia yang Melegalkan Aktivitas Prostitusi

Menurut penuturannya, ada tiga buah ruangan yang dijadikan ‘apotek’ di Blok C. Di sana, para narapidana bebas masuk, asalkan membeli sabu yang dihargai mulai dari Rp100 ribu per paketnya.

Ruangan tersebut dijaga oleh napi yang menurutnya sudah berkoordinasi dengan para sipir. ‘Sudah ada koordinasinya antara napi dan sipir,” kata dia menjawab pertanyaan Najwa, Kamis (13/9/2018).

Tambah mengejutkan, narasumber yang disembunyikan identitasnya itu mengaku jika narkoba yang dijual di dalam lapas tersebut harganya lebih murah dan lebih bagus kualitasnya.

Dugem di Penjara

Selain ‘apotek’, di Blok C Rutan Salemba juga terdapat tempat dugem ‘buat happy’ para napi. Tempat dugem itu layaknya diskotek, lengkap dengan lampu gemerlap dan musik dari DJ.

Menurut narsum yang sama, sipir juga mengetahui keberadaan tempat dugem, namun ‘sudah dikoordinasikan itu’. Di tempat dugem itu para napi juga bisa membeli narkoba layaknya di apotek.

“Masuk ruang dugem enggak bayar, cuma bayar beli sabunya, tempat gratis, cuma beli barang,” kata dia.